MAKALAH STRATIFIKASI SOSIAL DAN MOBILITAS SOSIAL
KELOMPOK 4
Disusun Oleh:
1.
Woro Edyati
Perbawaningrum
(201210110311283)
2.
Dino Lusiwan Susanti (201210110311300)
3.
Yogi Meyla Kristiana (201210110311269)
4.
Leli Sinta Dewi (201210110311299)
5.
Moh. Mul Akbar Eta P (201210110312325)
6.
Guyuh Satriyo Bhimantoro (201210110311280)
7.
Bagus Setiawan
(201010110312246)
FAKULTAS HUKUM
UNIERSITAS MUHAMMADIYAH
MALANG
2012
KATA PENGANTAR
Dengan rahmat dan nikmat dari Allah SWT.,
Alhamdulillah kami dapat menyelesaikan sebuah Makalah yang Bapak Sugeng
Pujileksono tugaskan kepada kami. Dalam Makalah ini saya menitik beratkan pada
pokok masalah tentang Stratifikasi social dan Mobilitas social dalam beberapa
pembahasan yang Inyaallah dapat menambah pengetatahuan yang membacanya.
Makalah yang kami buat akan lebih mudah dipahami
karena lebih sederhana dan kami selaku penyusun sangat menyadari bahwa Makalah
ini masih jauh dari kesempurnaan, kritik dan saran sangat diharapkan untuk
memperbaiki Makalah ini oleh karena itu kami meminta maaf atas kekurangan
tersebut.
BAB
I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Setiap masyarakat senantiasa mempunyai penghargaan tertentu
terhadap hal-hal tertentu dalam masyarakat yang bersangkutan. Penghargaan yang
tinggi terhadap hal-hal tertentu, akan menempatkan hal tersebut pada kedudukan
yang lebih tinggi dari hal-hal lainnya. Misalnya jika masyarakat menghargai
kekayaan material daripada kehormatan maka mereka yang memiliki kekayaan tinggi
akan menempati kedudukan yang tinggi dibandingkan pihak-pihak lainnya. Gejala
tersebut akan menimbulkan lapisan masyarakat yang merupakan pembedaan posisi
seseorang atau suatu kelompok dalam kedudukan berbeda-beda secara vertikal.
Sebagaimana filosof Aristoteles (Soekanto, 2003:227)
mengatakan bahwa zaman dahulu di dalam negara terdapat tiga unsur yaitu mereka
yang kaya sekali, yang melarat dan yang berada di tengah-tengah. Membuktikan
bahwa zaman itu dan sebelumnya orang telah mengakui adanya lapisan masyarakat
yang mempunyai kedudukan bertingkat-tingkat dari bawah ke atas. Barang siapa
yang mempunyai sesuatu yang berharga dalam jumlah yang banyak, dianggap
masyarakat berkedudukan dalam lapisan atas. Mereka yang hanya sedikit sekali
atau tidak memiliki sesuatu berharga dalam pandangan masyarakat mempunyai
kedudukan yang rendah.
Sistem lapisan dalam masyarakat dalam sosiologi dikenal
dengan sebutan stratifikasi sosial (social stratification). Ini
merupakan pembedaan masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat. Kelas
sosial tersebut dibagi dalam tiga kelas yaitu kelas atas (upper class),
kelas menengah (middle class) dan kelas bawah (lower class).
Adanya lapisan masyarakat sangat berperan penting dalam
aktivitas sosial individu atau kelompok dalam suatu organisasi sosial. Tanpa
lapisan sosial dalam masyarakat maka masyarakat itu akan menarik untuk dilihat,
dikenal, dan dipelajari.
Lapisan masyarakat sudah ada sejak dulu, dimulai sejak
manusia itu mengenal adanya kehidupan bersama dalam suatu organisasi sosial.
Lapisan masyarakat mula-mula didasarkan pada perbedaan seks, perbedaan antara
yang pemimpin dan yang dipimpin, golongan budak dan bukan budak, pembagian
kerja bahkan pada pembedaan kekayaan. Semakin maju dan rumit teknologi suatu
masyarakat, maka semakin kompleks sistem lapisan masyarakat.
Bentuk-bentuk kongkrit lapisan masyarkat berbeda-beda dan
sangat banyak. Namun secara prinsipil bentuk-bentuk lapisan sosial tersebut
dapat diklasifikasikan ke dalam tiga kelas yaitu ekonomi, politis, dan
didasarkan pada jabatan-jabatan tertentu dalam masyarakat. Ketiga bentuk pokok
tadi memiliki keterkaitan yang erat satu sama lainnya, dimana ketiganya saling
mempengaruhi.
Secara teoritis, semua manusia dapat dianggap sederajat,
namun dalam realitanya hal tersebut tidak demikian adanya. Pembedaan atas
lapisan merupakan gejala universal yang merupakan bagian sistem sosial setiap
masyarakat. Sistem lapisan dengan sengaja dibentuk dan disusun untuk mengejar
suatu tujuan bersama. Sehingga suatu organisasi masyarakat tidak akan pernah
lepas dari terbentuknya lapisan sosial dalam masyarakat tersebut.
B. RUMUSAN MASALAH
Dari uraian latar belakang di atas maka rumusan masalah
dalam makalah ini adalah sebagai berikut:
1.
Apa yang dimaksud dengan
stratifikasi sosial?
2.
Apa yang dimaksud dengan mobilitas
social?
3.
Bagaimana factor – factor
terbentuknya stratifikasi?
4.
Apa sajakah jenis – jenis mobilitas
sosial?
C. TUJUAN
Adapun tujuan penyusunan makalah ini adalah sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui dan
memahami stratifikasi sosial.
2. Untuk mengetahui dan
memahami mobilitas social
3. Untuk
mengetahui factor-faktor terbentuknya stratifikasi
4. Untuk
mengetahui jenis – jenis mobilitas sosial
BAB
II
PEMBAHASAN
A. STRATIFIKASI SOSIAL DAN
MOBILITAS SOSIAL
Stratifikasi
sosial merupakan suatu konsep dalam sosiologi yang melihat bagaimana anggota
masyarakat dibedakan berdasarkan status yang dimilikinya. Stratifikasi berasal dari
kata stratum yang berarti strata atau lapisan dalam bentuk jamak.Sebagaimana Pitirin A. Sorokin mendefinisikan stratifikasi sebagai
pembedaan penduduk atau anggota masyarakat ke dalam kelas-kelas secara
hierarkis. Sedangkan menurut Bruce J. Cohen sistem
stratifikasi akan menempatkan setiap individu pada kelas sosial yang sesuai
berdasarkan kualitas yang dimiliki.
Sementara Max Weber
mendefinisikan stratifikasi sosial sebagai penggolongan orang-orang yang
termasuk dalam suatu sistem sosial tertentu ke dalam lapisan-lapisan hierarki
menurut dimensi kekuasaan, previllege dan prestise.
Adanya sistem lapisan masyarakat dapat terjadi dengan
sendirinya dalam proses pertumbuhan masyarakat itu. Tetapi adapula yang dengan
sengaja disusun untuk mengejar suatu tujuan bersama. Faktor yang menyebabkan stratifikasi
sosial dapat tumbuh dengan sendirinya adalah kepandaian, usia, sistem
kekerabatan, dan harta dalam batas-batas tertentu.
Sifat sistem lapisan sosial di dalam masyarakat dapat
bersifat tertutup (closed social stratification), terbuka (open
social stratification), dan sistem lapisan sosial campuran. Stratifikasi
sosial tertutup (closed social stratification) ini adalah stratifikasi
dimana anggota dari setiap strata sulit mengadakan mobilitas vertikal. Walaupun ada
mobilitas tetapi sangat terbatas pada mobilitas horisontal saja. Contoh: sistem kasta, kaum Sudra tidak bisa pindah posisi
naik di lapisan Brahmana, rasialis, kulit hitam (negro) yang dianggap di posisi
rendah tidak bisa pindah kedudukan di posisi kulit putih, feodal, kaum buruh
tidak bisa pindah ke posisi juragan atau majikan. Stratifikasi sosial terbuka (opened
social stratification) ini bersifat dinamis karena mobilitasnya sangat
besar. Setiap anggota strata dapat bebas melakukan mobilitas sosial,
baik vertikal maupun horisontal. Contoh: seorang miskin karena usahanya bisa
menjadi kaya, atau sebaliknya, seorang yang
tidak/kurang pendidikan akan dapat memperoleh pendidikan asal ada niat dan
usaha. Sedangkan stratifikasi sosial campuran merupakan kombinasi antara stratifikasi tertutup dan terbuka.
Misalnya, seorang Bali berkasta Brahmana mempunyai kedudukan terhormat di Bali,
namun apabila ia pindah ke Jakarta menjadi buruh, ia memperoleh kedudukan
rendah. Maka, ia harus menyesuaikan diri dengan aturan kelompok masyarakat di
Jakarta.
Ukuran atau kriteria yang menonjol atau
dominan sebagai dasar pembentukan pelapisan sosial adalah kekayaan (materi atau
kebendaan), ukuran kekuasaan dan wewenang, ukuran kehormatan, dan ukuran
ilmu pengetahuan.
Hal yang mewujudkan unsur dalam teori sosiologi tentang
sistem lapisan sosial masyarakat adalah kedudukan (status) dan peranan (role).
Kedudukan dan peranan merupakan dua unsur baku dalam lapisan sosial dan
mempunyai arti penting dalam bagi sistem sosial. Yang diartikan sebagai sistem
sosial adalah pola-pola yang mengatur hubungan timbal-balik antara individu
dalam masyarakat dan tingkah laku individu-individu tersebut.
Kedudukan adalah posisi seseorang dalam suatu kelompok
sosial. Kedudukan itu dibedakan atas tiga macam yaitu pertama, ascribed
status artinya kedudukan sesorang dalam masyarakat diperoleh karena
kelahiran tanpa memperhatikan perbedaan rohaniah dan kemampuan, misalnya
kedudukan anak bangsawan adalah bangsawan pula. Kedua, achieved status
artinya kedudukan yang dicapai seseorang dengan usaha-usaha yang disengaja,
misalnya profesi guru diperoleh dengan memenuhi persyaratan tertentu dengan
usaha dan kemampuan yang dimilikinya. Dan ketiga, assigned status
artinya kedudukan yang diberikan, mempunyai hubungan erat dengan achieved
status, bahwa kelompok atau golongan memberikan kedudukan yang lebih tinggi
kepada seseorang yang berjasa telah memperjuangkan sesuatu untuk memenuhi
kebutuhan dan kepentingan masyarakat.
Peranan merupakan aspek dinamis dari kedudukan. Apabila
seseorang melaksanakan hak dan kewajiban sesuai dengan kedudukannya, maka dia
menjalankan suatu peranan. Peranan meliputi norma-norma yang dihubungkan dengan
posisi atau tempat seseorang dalam masyarakat. Peranan dalam hal ini merupakan
rangkaian peraturan-peraturan yang membimbing seseorang dalam kehidupan
bermasyarakat. Disamping itu peranan merupakan suatu konsep perihal pa yang
dapat dilakukan individu dalam masyarakat sebagai organisasi. Serta peranan
juga dapat dikatakan sebagai perilaku individu yang penting bagi stuktur
sosial.
Mobilitas
social merupakan bagian dari struktur social. Struktur social terdiri atas
Stratifikasi dan Diferensiasi yang melahirkan berbagai kelompok dan kelas
social di masyarakat. Setiap orang cenderung berusaha menjadi bagian dari kelas
atau kelompok social yang diinginkan. Dengan kata lain, setiap orang
menginginkan status yang lebih baik dari status yang semula ditempatinya. Untuk
itu, dia berusaha mencapai status impiannya tersebut, walaupun tidak jarang
hasil yang dicapai justru sebaliknya (statusnya merosot) sehingga terjadilah
pergerakan posisi dari suatu status ke status lainnya.
Perpindahan
status social sangat penting dipelajari, karena dapat menjadi ukuran kemajuan
masyarakat, lebih-lebih dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat
melalui pembangunan. Berhasil atau tidaknya pembangunan dapat diukur dari
banyaknya warga masyarakat yang mengalami peningkatan status social ekonomi.
Oleh karena itu, membicarakan mobilitas social tidak munkin dilepaskan dari
pembicaraan mengenai status social, karena manusia selalu mengejar status
tertentu dalam masyarakat, sehingga terjadilah mobilitas social.
STRATIFIKASI SOSIAL
Pengertian :
Stratifikasi sosial atau pelapisan sosial adalah pembedaan penduduk atau
masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat (vertikal).
- Aristoteles : Pada jaman kuno di dalam setiap negara terdapat tiga
unsur, yaitu mereka yang kaya sekali, mereka yang melarat dan mereka yang
berada di tengah-tengahnya.
- Adam
Smith : Masyarakat di bagi menjadi
tiga, yaitu orang-orang yang hidup dari penyewaan tanah, orang-orang yang
hidup dari upah kerja, dan orang-orang yang hidup dari keuntungan
perdagangan.
- Thorstein
Veblen : Membagi masyarakat dalam dua
golongan yaitu golongan pekerja yang berjuang mempertahankan hidup dan
golongan yang banyak mempunyai waktu luang karena kekayaannya.
- Prof.
Selo Soemardjan : Pelapisan sosial akan selalu
ada selama dalam masyarakat terdapat sesuatu yang dihargai.
- Robert
M.Z. Lawang : Pelapisan sosial merupakan
penggolongan orang-orang dalam suatu sistem sosial tertentu secara
hierarkhis menurut dimensi kekuasaan, privelese, dan prestise
Kriteria tinggi rendah pelapisan
Talcott Parsons
menyebutkan lima kriteria tinggi rendahnya status seseorang, yaitu:
- Kriteria
kelahiran: meliputi faktor ras, jenis
kelamin, kebangsawanan, dan sebagainya.
- Kriteria
kualitas pribadi : meliputi kebijakan,
kearifan, kesalehan, kecerdasan, usia dan sebagainya.
- Kriteria
prestasi : meliputi kesuksesan usaha,
pangkat dalam pekerjaan, prestasi belajar, prestasi kerja, dan sebagainya.
- Kriteria
pemilikan: meliputi kekayaan akan uang
dan harta benda.
- Kriteria
otoritas : yaitu kemampuan untuk
mempengaruhi pihak lain sehingga pihak lain tersebut bertindak seperti
yang diinginkan.
Dua analisis Prof. Soerjono Soekanto tentang proses
terbentuknya pelapisan sosial
:
- 1)
Sistem pelapisan sosial kemungkinan berpokok kepada sistem pertentangan
dalam masyarakat.
- 2)
Ada sejumlah unsur untuk membuat analisa pelapisan sosial yaitu :
- a.
Distribusi hak-hak istimewa yang objektif, seperti penghasilan, kekayaan,
kekuasaan, wewenang.
- b.
Sistem pertanggaan yang sengaja diciptakan sehingga ada prestise dan
penghargaan atas posisi pelapisan sosial tertentu.
- c.
Kriteria sistem pertentangan, yaitu dikukur adanya perbedaan kualitas
pribadi, keanggotaan kelompok kerabat tertentu, hak milik, wewenang, dan
kekuasaan.
- d.
Lambang-lambang kedudukan, seperti misalnya tingkah laku hidup, cara
berpakaian, bentuk rumah, keanggotaan suatu organisasi tertentu.
- e.
Mudah atau sukarnya bertukar kedudukan.
- f.
Solidaritas di antara individu-individu atau kelompok-kelompok sosial yang
menduduki kedudukan yang sama dalam sistem sosial masyarakat.
Kriteria Penggolongan Pelapisan Sosial :
a. Ukuran kekayaan.
b. Ukuran kekuasaan.
c. Ukuran kehormatan.
d. Ukuran ilmu pengetahuan
b. Ukuran kekuasaan.
c. Ukuran kehormatan.
d. Ukuran ilmu pengetahuan
Tipe – tipe
Stratifikasi Sosial :
a. Tertutup
(closed social stratification) membatasi kemungkinan untuk pindah dari satu
lapisan ke lapisan yang lain.
Contoh sistem kasta pada masyarakat feodal, masyarakat apartheid.
b. Terbuka (opened social stratification), setiap anggota masyarakat mempunyai kesempatan untuk naik ke lapisan sosial lebih tinggi. Contoh masayarakat pada negara-negara industri maju.
c. Campuran, adalah kombinasi terbuka dan tertutup dan ini sering terjadi dalam masyarakat. Misalnya untuk hal-hal tertentu bersifat terbuka, tetapi untuk hal-hal tertentu yang lain bersifat tertutup
b. Terbuka (opened social stratification), setiap anggota masyarakat mempunyai kesempatan untuk naik ke lapisan sosial lebih tinggi. Contoh masayarakat pada negara-negara industri maju.
c. Campuran, adalah kombinasi terbuka dan tertutup dan ini sering terjadi dalam masyarakat. Misalnya untuk hal-hal tertentu bersifat terbuka, tetapi untuk hal-hal tertentu yang lain bersifat tertutup
Bentuk-bentuk Stratifikasi social :
1.
Stratifikasi Ekonomi
Dasar terbentuknya kelas social
antara laen kekayaan, penghasilan dan kepemilikan alat produksi
2.
Stratifikasi Politik
Persoalan kekuasaan yang terjadi
dikalangan politik, dibagi 2 kelas, yaitu
1.
Kelas penguasa
2.
Kelas yang dikuasai
3.
Stratifikasi Status Sosial
Terjadi karena adanya perbedaan
status berdasaran kehormatan
4.
Stratifikasi Usia (age stratificasion)
Orang yang lebih muda selayaknya
menghormati orang yang lebih tua
Ciri-ciri Stratifikasi Sosial
1) Perbedaan Kemampuan
2) Perbedaan Gaya Hidup
3) Perbedaan Hak dan Perolehan Sumber
Daya
Fungsi Stratifikasi
Sosial :
• 1) Alat untuk mencapai tujuan .
• 2) Mengatur dan mengawasi interasksi antar anggota dalam sebuah sistem stratifikasi.
• 3) Stratifikasi sosial mempunyai fungsi pemersatu.
• 4) Mengkategorikan manusia dalam stratum yang berbeda.
• 1) Alat untuk mencapai tujuan .
• 2) Mengatur dan mengawasi interasksi antar anggota dalam sebuah sistem stratifikasi.
• 3) Stratifikasi sosial mempunyai fungsi pemersatu.
• 4) Mengkategorikan manusia dalam stratum yang berbeda.
Status dalam pelapisan social
Status dan peranan adalah unsur yang baku dalam sistem
berlapis-lapis dalam masyarakat.
Status adalah posisi yang didukuki seseorang dalam suatu kelompok.
Status adalah posisi yang didukuki seseorang dalam suatu kelompok.
• Status objektif,
yaitu status yang dimiliki seseorang secara hierarkhis dalam struktur formal
suatu organisasi. Misal seorang Gubernur.
• Status subjektif, yaitu status yang dimiliki seseorang merupakan hasil penilaian orang lain terhadap diri seseorang dengan siapa ia berkontak atau berhubungan.
• Status subjektif, yaitu status yang dimiliki seseorang merupakan hasil penilaian orang lain terhadap diri seseorang dengan siapa ia berkontak atau berhubungan.
Kriteria penentuan status subjektif adalah:
1) Kelahiran
2) Mutu pribadi
3) Pemilikan
4) Otoritas
Pelapisan dalam masyarakat dapat dilihat berdasarkan kriteria sosial, politik dan ekonomi.
Kriteria politik adalah pembedaan penduduk atau warga masyarakat menurut pembagian kekuasaan.
• Kekuasaan adalah kemampuan untuk mempengaruhi pihak lain menurut kehendak atau kemauan pemegang kekuasaan.
• Wewenang adalah kekuasaan yang ada pada diri seseorang atau sekelompok orang yang mendapat pengakuan dari masyarakat. Kekuasaan yang dimiliki seseorang atau sekelompok orang yang diakui oleh masyarakat disebabkan oleh rasa takut, rasa cinta, kepercayaan, pemujaan.
• Munculnya sistem kekuasaan kemudian menimbulkan lapisan-lapisan kekuasaan yang sering disebut “Piramida Kekuasaan”.
• Menurut Max Iver terdapat tiga pola umum “Piramida Kekuasaan” yaitu tipe kasta, tipe oligarkhis, tipe demokratis.
• Tipe Kasta adalah sistem lapisan kekuasaan dengan garis pemisahan yang tegas dan kaku.
• Susunan dari atas ke bawah adalah:
• 1) Raja.
• 2) Bangsawan.
• 3) Orang-orang yang bekerja di pemerintahan, pegawai rendahan dan seterusnya.
• 4) Tukang-tukang, pelayan-pelayan.
• 5) Petani-petani, buruhan tani.
• 6) Budak-budak.
• Tipe Oligarkhis adalah sistem lapisan kekuasaan dengan garis-garis pemisahan yang tegas. Akan tetapi dasar pembedaan kelas-kelas sosial ditentukan oleh kebudayaan masyarakat tersebut terutama dalam hal kesempatan untuk naik lapisan sosial.
• Susunan dari atas ke bawah sebagai berikut:
• 1) Raja (penguasa)
• 2) Bangsawan dari macam-macam tingkatan.
• 3) Pegawai tinggi (sipil dan militer).
• 4) Orang-orang kaya, pengusaha dan sebagainya.
• 5) Pengacara.
• 6) Tukang dan pedagang.
• 7) Buruh tani dan budak.
• Tipe Demokratis, adalah sistem pelapisan kekuasaannya terdapat garis pemisah antara lapisan yang sifatnya sangat mobil. Faktor kelahiran tidak menentukan pelapisan tertentu seseorang. Pada tipe ini lebih menekankan pada kemampuan orang untuk menentukan pelapisan sosial.
• Pada lapisan sosial di lingkungan kraton (masa feodal kerajaan), tidak digambarkan sebagai pelapisan dari atas ke bawah tetapi sebagai lingkaran kambium. Dimana raja merupakan tokoh sentral yang penuh kekuasaan dan mempunyai privelese (hak-hak istimewa).
Pelapisan sosial berdasar kriteria ekonomi membedakan penduduk atau warga masyarakat menurut jumlah dan sumber pendapatan
• Sistem pelapisan yang berdasarkan kriteria ekonomi disebut kelas sosial.
• Menurut Karl Marx ada dua macam kelas dalam setiap masyarakat, yaitu kelas atas yang memiliki tanah atau alat-alat produksi lainnya dan kelas bawah yaitu kelas yang tidak memiliki alat-alat produksi kecuali tenaga yang disumbangkan dalam proses produksi.
• Max Weber menyebutkan adanya kelas yang mendapat kehormatan khusus dari masyarakat yang dinamakan stand.
• Joseph Schumpater menyebutkan bahwa sistem kelas diperlukan untuk menyediakan masyarakat dengan keperluan-keperluan yang nyata.
• Hasan Shadily menyebutkan bahwa kelas sosial adalah golongan yang terbentuk karena adanya perbedaan kedudukan tinggi dan rendah, dan karena adanya rasa segolongan dalam kelas itu masing-masing sehingga kelas yang satu dapat dibedakan dari kelas yang lain.
• Secara teoritis kelas-kelas ekonomi masyarakat adalah sebagai berikut:
1) Kelas Atas (Upper Class), terdiri atas:
• a. Kelas atas lapisan atas.
• b. Kelas atas lapisan menengah.
• c. Kelas atas lapisan bawah.
2) Kelas Menengah (Middle Class), terdiri atas:
• a. Kelas menengah lapisan atas.
• b. Kelas menengah lapisan tengah.
• c. Kelas menengah lapisan bawah.
3) Kelas Bawah (Lower Class):
• a. Kelas bawah lapisan atas.
• b. Kelas bawah lapisan tengah.
• c. Kelas bawah lapisan bawah.
• Mengapa kelas-kelas sosial di dalam masyarakat digambarkan dalam bentuk kerucut?
1) Kelahiran
2) Mutu pribadi
3) Pemilikan
4) Otoritas
Pelapisan dalam masyarakat dapat dilihat berdasarkan kriteria sosial, politik dan ekonomi.
Kriteria politik adalah pembedaan penduduk atau warga masyarakat menurut pembagian kekuasaan.
• Kekuasaan adalah kemampuan untuk mempengaruhi pihak lain menurut kehendak atau kemauan pemegang kekuasaan.
• Wewenang adalah kekuasaan yang ada pada diri seseorang atau sekelompok orang yang mendapat pengakuan dari masyarakat. Kekuasaan yang dimiliki seseorang atau sekelompok orang yang diakui oleh masyarakat disebabkan oleh rasa takut, rasa cinta, kepercayaan, pemujaan.
• Munculnya sistem kekuasaan kemudian menimbulkan lapisan-lapisan kekuasaan yang sering disebut “Piramida Kekuasaan”.
• Menurut Max Iver terdapat tiga pola umum “Piramida Kekuasaan” yaitu tipe kasta, tipe oligarkhis, tipe demokratis.
• Tipe Kasta adalah sistem lapisan kekuasaan dengan garis pemisahan yang tegas dan kaku.
• Susunan dari atas ke bawah adalah:
• 1) Raja.
• 2) Bangsawan.
• 3) Orang-orang yang bekerja di pemerintahan, pegawai rendahan dan seterusnya.
• 4) Tukang-tukang, pelayan-pelayan.
• 5) Petani-petani, buruhan tani.
• 6) Budak-budak.
• Tipe Oligarkhis adalah sistem lapisan kekuasaan dengan garis-garis pemisahan yang tegas. Akan tetapi dasar pembedaan kelas-kelas sosial ditentukan oleh kebudayaan masyarakat tersebut terutama dalam hal kesempatan untuk naik lapisan sosial.
• Susunan dari atas ke bawah sebagai berikut:
• 1) Raja (penguasa)
• 2) Bangsawan dari macam-macam tingkatan.
• 3) Pegawai tinggi (sipil dan militer).
• 4) Orang-orang kaya, pengusaha dan sebagainya.
• 5) Pengacara.
• 6) Tukang dan pedagang.
• 7) Buruh tani dan budak.
• Tipe Demokratis, adalah sistem pelapisan kekuasaannya terdapat garis pemisah antara lapisan yang sifatnya sangat mobil. Faktor kelahiran tidak menentukan pelapisan tertentu seseorang. Pada tipe ini lebih menekankan pada kemampuan orang untuk menentukan pelapisan sosial.
• Pada lapisan sosial di lingkungan kraton (masa feodal kerajaan), tidak digambarkan sebagai pelapisan dari atas ke bawah tetapi sebagai lingkaran kambium. Dimana raja merupakan tokoh sentral yang penuh kekuasaan dan mempunyai privelese (hak-hak istimewa).
Pelapisan sosial berdasar kriteria ekonomi membedakan penduduk atau warga masyarakat menurut jumlah dan sumber pendapatan
• Sistem pelapisan yang berdasarkan kriteria ekonomi disebut kelas sosial.
• Menurut Karl Marx ada dua macam kelas dalam setiap masyarakat, yaitu kelas atas yang memiliki tanah atau alat-alat produksi lainnya dan kelas bawah yaitu kelas yang tidak memiliki alat-alat produksi kecuali tenaga yang disumbangkan dalam proses produksi.
• Max Weber menyebutkan adanya kelas yang mendapat kehormatan khusus dari masyarakat yang dinamakan stand.
• Joseph Schumpater menyebutkan bahwa sistem kelas diperlukan untuk menyediakan masyarakat dengan keperluan-keperluan yang nyata.
• Hasan Shadily menyebutkan bahwa kelas sosial adalah golongan yang terbentuk karena adanya perbedaan kedudukan tinggi dan rendah, dan karena adanya rasa segolongan dalam kelas itu masing-masing sehingga kelas yang satu dapat dibedakan dari kelas yang lain.
• Secara teoritis kelas-kelas ekonomi masyarakat adalah sebagai berikut:
1) Kelas Atas (Upper Class), terdiri atas:
• a. Kelas atas lapisan atas.
• b. Kelas atas lapisan menengah.
• c. Kelas atas lapisan bawah.
2) Kelas Menengah (Middle Class), terdiri atas:
• a. Kelas menengah lapisan atas.
• b. Kelas menengah lapisan tengah.
• c. Kelas menengah lapisan bawah.
3) Kelas Bawah (Lower Class):
• a. Kelas bawah lapisan atas.
• b. Kelas bawah lapisan tengah.
• c. Kelas bawah lapisan bawah.
• Mengapa kelas-kelas sosial di dalam masyarakat digambarkan dalam bentuk kerucut?
Hal ini berkaitan
dengan jumlah warga masyarakat semakin tinggi jumlahnya semakin sedikit.
Pelapisan sosial berdasarkan kriteria sosial, model pelapisannya berhubungan dengan prestise atau gengsi.
• Prestises atau gengsi pada masyarakat feodal umumnya diukur dari garis keturunan.
• Di Jawa masa kerajaan terdapat pelapisan dari atas ke bawah yakni:
• 1) Raja (Sultan).
• 2) Kaum Bangsawan (Sentono Dalem).
• 3) Priyayi (Abadi Dalem tingkat tinggi).
• 4) Kawulo (wong cilik).
• Di Tanah Karo kedudukan pendiri desa (Marge Taneh) jauh lebih tinggi daripada rakyat biasa (ginemgem) dan budak (derip).
• Di Timor ada kedudukan USIF (bangsawan) dan TOG (orang-orang biasa).
• Di Inggris ada golongan NOBILITY (Bangsawan) dan dibawahnya COMMONER (rakyat biasa).
• Pada Zaman Hindu warga masyarakat digolongkan ke dalam 4 tingkatan, yaitu:
• 1) Kasta Brahmana (ahli agama, pendeta).
• 2) Kasta Ksatria (golongan masyarakat bangsawan).
• 3) Kasta Waisya (golongan masyarakat biasa, pedagang, petani).
• 4) Kasta Sudra (golongan masyarakat pekerja kasar).
• Pada sistem kasta yang disebut TRI WANGSA adalah Brahmana, Ksatria, dan Waisya. Sedang lapisan terakhir disebut “jaba”.
• Ida (nama untuk Brahmana), Tjokorda, Dewa, Ngahan (nama untuk Ksatria), Bagus, I Gusti, dan Gusti (nama untuk Waisya), Pande, Kbon, Pasek (nama untuk orang Sudra).
• Gelar-gelar tersebut di atas diwariskan secara patrilineal.
Konsekuensi perbedaan kedudukan dan peran sosial dalam tindakan dan interakasi sosial :
• Orang yang menduduki pelpisan sosial yang berbeda akan memiliki kekuasaan, privelese dan prestise yang berbeda pula. (Baik privelese ekonomi maupun privelese budaya).
• Kemungkinan timbulnya proses sosial yang disosiatif berupa persaingan, kontravensi, maupun konflik.
• Penyimpangan perilaku karena kegagalan atau ketidakmampuan mencapai posisi tertentu. Kegagalan itu dapat berupa alkoholisme, kejahatan, drug abuse, prostitusi, korupsi, kenakalan reamaja dan sebagainya.
• Konsentrasi elite status, yakni pemusatan kedudukan-kedudukan yang penting kepada orang-orang atau segolongan orang tertentu. Akibat logisnya adalah dimungkinkan terjadinya korupsi, kolusi, dan nepotisme.
Pelapisan sosial berdasarkan kriteria sosial, model pelapisannya berhubungan dengan prestise atau gengsi.
• Prestises atau gengsi pada masyarakat feodal umumnya diukur dari garis keturunan.
• Di Jawa masa kerajaan terdapat pelapisan dari atas ke bawah yakni:
• 1) Raja (Sultan).
• 2) Kaum Bangsawan (Sentono Dalem).
• 3) Priyayi (Abadi Dalem tingkat tinggi).
• 4) Kawulo (wong cilik).
• Di Tanah Karo kedudukan pendiri desa (Marge Taneh) jauh lebih tinggi daripada rakyat biasa (ginemgem) dan budak (derip).
• Di Timor ada kedudukan USIF (bangsawan) dan TOG (orang-orang biasa).
• Di Inggris ada golongan NOBILITY (Bangsawan) dan dibawahnya COMMONER (rakyat biasa).
• Pada Zaman Hindu warga masyarakat digolongkan ke dalam 4 tingkatan, yaitu:
• 1) Kasta Brahmana (ahli agama, pendeta).
• 2) Kasta Ksatria (golongan masyarakat bangsawan).
• 3) Kasta Waisya (golongan masyarakat biasa, pedagang, petani).
• 4) Kasta Sudra (golongan masyarakat pekerja kasar).
• Pada sistem kasta yang disebut TRI WANGSA adalah Brahmana, Ksatria, dan Waisya. Sedang lapisan terakhir disebut “jaba”.
• Ida (nama untuk Brahmana), Tjokorda, Dewa, Ngahan (nama untuk Ksatria), Bagus, I Gusti, dan Gusti (nama untuk Waisya), Pande, Kbon, Pasek (nama untuk orang Sudra).
• Gelar-gelar tersebut di atas diwariskan secara patrilineal.
Konsekuensi perbedaan kedudukan dan peran sosial dalam tindakan dan interakasi sosial :
• Orang yang menduduki pelpisan sosial yang berbeda akan memiliki kekuasaan, privelese dan prestise yang berbeda pula. (Baik privelese ekonomi maupun privelese budaya).
• Kemungkinan timbulnya proses sosial yang disosiatif berupa persaingan, kontravensi, maupun konflik.
• Penyimpangan perilaku karena kegagalan atau ketidakmampuan mencapai posisi tertentu. Kegagalan itu dapat berupa alkoholisme, kejahatan, drug abuse, prostitusi, korupsi, kenakalan reamaja dan sebagainya.
• Konsentrasi elite status, yakni pemusatan kedudukan-kedudukan yang penting kepada orang-orang atau segolongan orang tertentu. Akibat logisnya adalah dimungkinkan terjadinya korupsi, kolusi, dan nepotisme.
Anilisis Gordon Alport (1958) tentang parasangka atau
kecemburuan sosial akibat adanya pelapisan sosial yang dikenal dengan beberapa
pendekatan antara lain:
a. Pendekatan historis.
b. Pendekatan kepribadian (psikologis).
c. Pendekatan fenomenologis.
d. Pendekatan naïve.
e. Pendekatan sosiokultural dan situasional.
Pendekatan historis didasarkan atas teori pertentangan kelas, yaitu konflik antara kelas atas, kelas menengah, dan kelas bawah. Pertentangan kelas itu diwarnai oleh kondisi saling menyalahkan, timbulnya prasangka dan kecemburuan sosial. Contohnya prasangka orang kulit putih terhadap ras negro, yang secara historis dipengaruhi oleh budaya “Tuan” dan “Budak”.
Pendekatan kepribadian (psikologis) menyatakan bahwa prasangka dan kecemburuan sosial sosial diakibatkan oleh keadaan frustasi yang mendorong tindakan agresif. Menurut teori ini tindakan agresi, prasangka, dan frustasi lebih ditentukan oleh tipe kepribadian seseorang akibat proses sosialisasi yang keliru terhadap lingkungan masyarakatnya.
Pendekatan fenomenologis menyatakan bahwa prasangka dan kecemburuan sosial dipengaruhi oleh bagaimana individu memandang masyarakat dan lingkungannya, sehingga persepsilah yang menyebabkan prasangka dan kecemburuan sosial. Menurut teori ini terjadinya pelapisan sosial, perbedaan kemampuan, dan tindakan individu merupakan gejala-gejala yang bersifat fenomenal atau bersifat umum.
Pendekatan naïve lebih menyoroti objek prasangka atau objek tindakan individu, dan bukan menyoroti pelakunya/ individunya. Bahwa yang menimbulkan prasangka adalah individu itu sendiri yang berprasangka atas perilaku tertentu. Contoh pada masa lalu Pegawai Negri Sipil selalu disangka akan hanya mendukung partai tertentu padahal belum tentu benar.
Pendekatan sosiokultural dan situasional adalah pendekatan yang menyoroti tentang kondisi dan situasi saat ini sebagai penyebab timbulnya perilaku, sikap, prasangka, dan kecemburuan tertentu.
a. Pendekatan historis.
b. Pendekatan kepribadian (psikologis).
c. Pendekatan fenomenologis.
d. Pendekatan naïve.
e. Pendekatan sosiokultural dan situasional.
Pendekatan historis didasarkan atas teori pertentangan kelas, yaitu konflik antara kelas atas, kelas menengah, dan kelas bawah. Pertentangan kelas itu diwarnai oleh kondisi saling menyalahkan, timbulnya prasangka dan kecemburuan sosial. Contohnya prasangka orang kulit putih terhadap ras negro, yang secara historis dipengaruhi oleh budaya “Tuan” dan “Budak”.
Pendekatan kepribadian (psikologis) menyatakan bahwa prasangka dan kecemburuan sosial sosial diakibatkan oleh keadaan frustasi yang mendorong tindakan agresif. Menurut teori ini tindakan agresi, prasangka, dan frustasi lebih ditentukan oleh tipe kepribadian seseorang akibat proses sosialisasi yang keliru terhadap lingkungan masyarakatnya.
Pendekatan fenomenologis menyatakan bahwa prasangka dan kecemburuan sosial dipengaruhi oleh bagaimana individu memandang masyarakat dan lingkungannya, sehingga persepsilah yang menyebabkan prasangka dan kecemburuan sosial. Menurut teori ini terjadinya pelapisan sosial, perbedaan kemampuan, dan tindakan individu merupakan gejala-gejala yang bersifat fenomenal atau bersifat umum.
Pendekatan naïve lebih menyoroti objek prasangka atau objek tindakan individu, dan bukan menyoroti pelakunya/ individunya. Bahwa yang menimbulkan prasangka adalah individu itu sendiri yang berprasangka atas perilaku tertentu. Contoh pada masa lalu Pegawai Negri Sipil selalu disangka akan hanya mendukung partai tertentu padahal belum tentu benar.
Pendekatan sosiokultural dan situasional adalah pendekatan yang menyoroti tentang kondisi dan situasi saat ini sebagai penyebab timbulnya perilaku, sikap, prasangka, dan kecemburuan tertentu.
Faktor-faktornya bisa bervariasi, antara lain:
a. Mobilitas sosial, yang menyebabkan penurunan status sosial sekelompok orang, kadang-kadang melahirkan prasangka dan menyalahkan situasi masyarakat.
a. Mobilitas sosial, yang menyebabkan penurunan status sosial sekelompok orang, kadang-kadang melahirkan prasangka dan menyalahkan situasi masyarakat.
b. Konflik antar kelompok. Disebabkan oleh timbulnya
prasangka dan perilaku non integratif dari anggota-anggotanya.
c. Stigma perkotaan, bahwa timbulnya prasangka dan ketidakpastian di kota disebabkan oleh noda yang dilakukan sekelompok tertentu
c. Stigma perkotaan, bahwa timbulnya prasangka dan ketidakpastian di kota disebabkan oleh noda yang dilakukan sekelompok tertentu
Definisi
Stratifikasi Sosial
Stratifikasi sosial adalah demensi vertical dari struktur social masyarakat, dalam artian melihat perbedaan masyarakat berdasarkan pelapisan yang ada, apakah berlapis-lapis secara vertical dan apakah pelapisan tersebut terbuka atau tertutup.
Soerjono Soekanto (1981::133), menyatakan social stratification adalah pembedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat atau system berlapis-lapis dalam masyarakat. Stratifikasi sosial merupakan konsep sosiologi, dalam artian kita tidak akan menemukan masyararakat seperti kue lapis; tetapi pelapisan adalah suatu konsep untuk menyatakan bahwa masyarakat dapat dibedakan secara vertical menjadi kelas atas, kelas menengah dan kelas bawah berdasarkan criteria tertentu.
Paul B Horton dan Chester L Hunt ( 1992: 5 ) menyatakan bahwa stratifikasi sosial merupakan system peringkat status dalam masyarakat. Peringkat memberitahukan kepada kita adanya demensi vertical dalam status social yang ada dalam masyarakat.
Kriteria apa saja yang dikemukakan oleh para ahli berkaitan dengan demensi secara vertical ini. Paul B Horton ( 1982 : 4) mengatakan bahwa Dua ribu tahun yang lalu Aristoteles mengemukakan bahwa penduduk dapat dibagi ke dalam tiga golongan: golongan sangat kaya, golongan sangat miskin dan golongan yang berada diantara mereka. Menurut Karl Marx, kelas social utama terdiri atas golongan proletariat, golongan kapitalis (borjuis) dan golongan menengah (borjuis rendah)
Pendapat di atas merupakan suatu penggambaran bahwa stratifikasi sosial sebagai gejala yang universal, artinya dalam setiap masyarakat bagaimanapun juga keberadaanya pasti akan di dapatkan pelapisan social tersebut. Apa yang dikemukakan Aristoteles. Karl Marx adalah salah satu bukti adanya stratifikasi sosial dalam masyarakat yang sederhana sekalipun. Kriteria jenis kekayaan dan juga profesi pekerjaan merupakan criteria yang sederhana, sekaligus menyatakan bahwa dalam masyarakat kita tidak akan menemukan masyarakat tanpa kelas.
Perkembangan masyarakat selanjutnya menuju masyarakat yang semakin modern dan kompleks, stratifikasi sosial yang terjadi dalam masyarakat akan semakin banyak. Mengapa terjadi stratisikasi social uraian berikut ini akan menjelaskannya.
Menurut Soerjono Sokanto ( 1981 : 133) Selama dalam suatu masyatrakat ada sesuatu yang dihargai dan setiap masyarakat mempunyai sesuatu yang dihargainya, maka barang sesuatu itu akan menjadi bibit yang dapat menimbulkan adanya system berlapis-lapis yang ada dalam masyarakat itu. Barang sesuatu yang dihargai di dalam masyarakat itu mungkin berupa uang atau benda-benda yang bernilai ekonomis, mungkin juga berupa tanah, kekuasan, ilmu pengetahuan, kesalehan dalam agama atau mungkin juga keturunan dari keluarga yang terhormat.
Terjadinya stratifikasi sosial dalam masyarakat dikarenakan sesuatu yang dihargai dalam masyarakat jumlahnya terbatas, akibatnya distribusinya di dalam masyarakat tidaklah merata. Mereka yang memperoleh banyak menduduki kelas atas dan mereka yang tidak memperoleh menduduki kelas bawah. Barang sesuatu yang dihargai tersebut menurut Paul B Horton dan Chester L Hunt ( 1989: 7- 12)
Stratifikasi sosial adalah demensi vertical dari struktur social masyarakat, dalam artian melihat perbedaan masyarakat berdasarkan pelapisan yang ada, apakah berlapis-lapis secara vertical dan apakah pelapisan tersebut terbuka atau tertutup.
Soerjono Soekanto (1981::133), menyatakan social stratification adalah pembedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat atau system berlapis-lapis dalam masyarakat. Stratifikasi sosial merupakan konsep sosiologi, dalam artian kita tidak akan menemukan masyararakat seperti kue lapis; tetapi pelapisan adalah suatu konsep untuk menyatakan bahwa masyarakat dapat dibedakan secara vertical menjadi kelas atas, kelas menengah dan kelas bawah berdasarkan criteria tertentu.
Paul B Horton dan Chester L Hunt ( 1992: 5 ) menyatakan bahwa stratifikasi sosial merupakan system peringkat status dalam masyarakat. Peringkat memberitahukan kepada kita adanya demensi vertical dalam status social yang ada dalam masyarakat.
Kriteria apa saja yang dikemukakan oleh para ahli berkaitan dengan demensi secara vertical ini. Paul B Horton ( 1982 : 4) mengatakan bahwa Dua ribu tahun yang lalu Aristoteles mengemukakan bahwa penduduk dapat dibagi ke dalam tiga golongan: golongan sangat kaya, golongan sangat miskin dan golongan yang berada diantara mereka. Menurut Karl Marx, kelas social utama terdiri atas golongan proletariat, golongan kapitalis (borjuis) dan golongan menengah (borjuis rendah)
Pendapat di atas merupakan suatu penggambaran bahwa stratifikasi sosial sebagai gejala yang universal, artinya dalam setiap masyarakat bagaimanapun juga keberadaanya pasti akan di dapatkan pelapisan social tersebut. Apa yang dikemukakan Aristoteles. Karl Marx adalah salah satu bukti adanya stratifikasi sosial dalam masyarakat yang sederhana sekalipun. Kriteria jenis kekayaan dan juga profesi pekerjaan merupakan criteria yang sederhana, sekaligus menyatakan bahwa dalam masyarakat kita tidak akan menemukan masyarakat tanpa kelas.
Perkembangan masyarakat selanjutnya menuju masyarakat yang semakin modern dan kompleks, stratifikasi sosial yang terjadi dalam masyarakat akan semakin banyak. Mengapa terjadi stratisikasi social uraian berikut ini akan menjelaskannya.
Menurut Soerjono Sokanto ( 1981 : 133) Selama dalam suatu masyatrakat ada sesuatu yang dihargai dan setiap masyarakat mempunyai sesuatu yang dihargainya, maka barang sesuatu itu akan menjadi bibit yang dapat menimbulkan adanya system berlapis-lapis yang ada dalam masyarakat itu. Barang sesuatu yang dihargai di dalam masyarakat itu mungkin berupa uang atau benda-benda yang bernilai ekonomis, mungkin juga berupa tanah, kekuasan, ilmu pengetahuan, kesalehan dalam agama atau mungkin juga keturunan dari keluarga yang terhormat.
Terjadinya stratifikasi sosial dalam masyarakat dikarenakan sesuatu yang dihargai dalam masyarakat jumlahnya terbatas, akibatnya distribusinya di dalam masyarakat tidaklah merata. Mereka yang memperoleh banyak menduduki kelas atas dan mereka yang tidak memperoleh menduduki kelas bawah. Barang sesuatu yang dihargai tersebut menurut Paul B Horton dan Chester L Hunt ( 1989: 7- 12)
MOBILITAS
SOSIAL
A. Proses Terjadinya
Mobilitas Sosial
Secara
etimologis, kata mobilitas sosial berasal dari bahasa Latin, yaitu
mobilis yang artinya mudah dipindahkan
atau banyak bergerak. Mobilitas terjadi ketika seseorang berpindah dari suatu
posisi ke posisi lain, baik antarlapisan sosial berbeda maupun dalam lapisan
sosial yang sama.
Terjadinya mobilitas sosial berkaitan dengan hal-hal yang dianggap berharga
dalam masyarakat. Oleh karena itu, kepemilikan atas hal-hal tersebut akan
menjadikan seseorang menempati posisi atau kedudukan yang lebih tinggi.
Akibatnya, dalam masyarakat terdapat penggolongan yang memengaruhi struktur
sosial. Hal-hal tersebut antara lain kekuasaan, kehormatanm ilmu pengetahuan,
dan kekayaan.
B. Jenis –
jenis mobilitas sosial
- Mobilitas sosial berdasarkan tipe
- Mobilitas sosial vertikal
Perpindahan individu atau objek dari
suatu kedudukan sosial lainnya yang tidak sederajat.
Dibedakan menjadi 2 :
1. mobilitas sosial naik ( social
climbing mobility atau upward mobility )
Dua bentuk social climbing :
-
masuk ke dalam
kedudukan yang lebih tinggi
- membentuk kelompok baru dan
mendapatkan posisi yang lebih tinggi
contoh : Pak Andi yang berkedudukan sebagai
Office Boy (OB) diangakat
pangkatnya
menjadi ketua HRD di kantor tempat Ia bekerja.
-mobilitas sosial turun ( social sinking mobility atau downward mobility )
Dua bentuk social sinking :
- trurunya kedudukan
- turunnya derajat kelompok
contoh : Bu Rena yang
berkedudukan sebagai Dirut (Direktur Utama) di
kantornya
tetapi karena Ia depresi maka ia diturunkan menjadi
pegawai biasa di kantornya.
- Mobilitas sosial horizontal
Peralihan individu atau kelompok sosial
dari suatu kelompok sosial ke kelompok sosial lainnya yang sederajat.
Contoh : Pak Dedi seorang penjual mie
ayam, suatu ketika Ia memutuskan untuk
Berganti profesi menjadi seorang penjual soto. Pekerjaan Pak Dedi ber-
ubah anamun status sosialnya tetap
pada derajat yang sama.
- Mobilitas sosial lateral
Mobilitas ini disebut pula mobilitas
geografis.
Perpindahan orang-orang, baik secara
perorangan maupun kelompok, dari satu unit wilayah ke wilayah lain dan secara
tidak langsung mengubah status sosial seseorang.
Contoh : transmigrasi,urbanisasi dan
migrasi.
- Mobilitas struktural
Menurut Bassis, mobilitas ini
disebabkan oleh inovasi teknologi, urbanisasi, pertumbuhan ekonomi, peperangan,
dan kejadian-kejadian lainnya yang mengubah struktur dan jenis
kelompok-kelompok dalam masyarakat.
Contoh : berubahnya pekerjaan suatu
masyarakat dari masyarakat agraris ke masyarakat industri.
- Mobilitas sosial berdasarkan ruang lingkup
- mobilitas intragenerasi
Mengacu pada mobilitas sosial
yang dialami seseorang selama masa hidupnya. Mobilitas intragenerasi merupakan mobilitas
vertikal dalam generasi itu sendiri. Dengan kata lain, mobilitas intragenerasi
terjadi pada diri seseorang. Dalam tipe mobilitas intragenerasi terjadi pula
mobilitas ke atas dan bawah. Oleh karena itu, mobilitas tipe ini dapat terjadi
dalam dua bentuk sebagai berikut.
1). Mobilitas intragenerasi ke atas,
misalnya pangkat naik dari golongan IVA ke golongan IVB.
2). Mobilitas intragenerasi ke bawah,
misalnya pangkat seorang prajurit yang diturunkan karena ia melaukan tindakan
indisiplinier.
- mobilitas antargenerasi
Mobilitas antargenerasi adalah
perbedaan status yang dicapai seseorang dari status orang tuanya. Mobilitas
antargenerasi merupakan mobilitas vertikal yang tidak hanya melibatkan dari
individu, tetapi terjadi dalam dua generasi. Dalam tipe mobilitas
antargenerasi, terjadi pula mobilitas yang naik dan turun sehingga mobilitas
antargenerasi dapat terjadi dalam dua bentuk berikut.
1). Mobiitas antargenersi ke atas,
misalnya seorang anak menjadi dokter, sementara ayahnya dahulu hanyalah petani
miskin.
2). Mobilitas antargenerasi kebawah,
misalnya seorang anak menjadi karyawan biasa, sementara ayahnya dahulu adalah
seorang pengusaha yang memiliki banyak karyawan.
C.
Faktor-faktor mobilitas sosial
Faktor-faktor yang mendorong mobilitas
sosial adalah :
a. status sosial
b. situasi politik
c. pembagian kerja
d. komunikasi yang bebas
e. perubahan kondisi sosial
f. pertumbuhan penduduk
g. tingkat fertilitas
h. ekspansi teritorial gerak populasi
Cara-cara yang dilakukan untuk melakukan mobilitas
sosial, khususnya mobilitas sosial vertikal ke atas adalah :
a. perubahan standar hidup
b. perubahan tempat tinggal
c. perubahan tingkah laku
d. perkawinan
e. bergabung dengan organisasi teretntu
Faktor-faktor yang menhgambat mobilitas sosial adalah :
a. perbedaan ras dan kepercayaan
b. diskriminasi kelas
c. kemiskinan
d. pengaruh sosialisasi yang sangat
kuat
e. perbedaan jenis kelamin
D.
Saluran-saluran mobilitas sosial
Saluran-saluran mobilitas sosial adalah :
a. angkatan bersenjata
b. lembaga-lembaga keagamaan
c. lembaga pendidikan sekolah
d. organisasi atau perserikatan ekonomi
e. organisasi keahlian
E. dampak
mobilitas sosial
Akibat-akibat mobilitas sosial :
a. mendorong seseorang untuk maju
b. mempercepat perubahan sosial
c. menimbulakn kecemasan dan ketegangan
d. keretakan hubungan dalam kelompok
e. menimbulkan pertentangan atau
konflik seperti:
-
antarpribadi,antarkelas,antar kelompok dan antargenerasi
BAB
III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Dimana status sosial
tidak lagi didasarkan pada keturunan, kasta, maupun stratifikasi sosial lama.
Jabatan struktural di pemerintahan, kekayaan, serta tingkat pendidikan lebih
dominan berpengaruh dalam menentukan derajat sosial seseorang. Pergeseran ini
semakin kental seiring perkembangan kehidupan.
B. SARAN
Masyarakat diharapkan tidak bersifat tertutup, namun lebih
bersifat terbuka dalam melakukan gerak sosial agar tercipta kehidupan sosial
yang selaras tanpa adanya diskriminasi.
DAFTAR PUSTAKA
Badruzzaman. 2008. Stratifikasi Sosial Masyarakat
Sulawesi Selatan, (Online), (http://bz69elzam.blogspot.com/2008/08/stratifikasi-sosial-masyarakat-sulawesi.html., diakses pada tanggal 6 Januari 2011).
Irawanto, Febri. 2011. Bentuk-bentuk Struktur Sosial
(Differensiasi Sosial dan Stratifikasi Sosial), (Online), (http://febriirawanto.blogspot.com., diakses pada tanggal 1 Januari 2012).
Soekanto, Soerjono. 2003. Sosiologi Suatu Pengantar.
Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar